Pages

Senin, 30 April 2012

Jangan Biarkan Sepatu Bola Rusak Dalam Beberapa Minggu!

Saya hanya ingin berbagi tips kepada Anda-anda semua tips bagaimana cara merawat sepatu bola (setau saya) agar awet. Saya menuliskan artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi. Sedikit cerita deh...


Waktu itu saya punya sepatu bola lotto serinya apa saya lupa seharga 300 ribuan. Saya beli siang saat pulang sekolah di salah satu toko buat main Liga Sekolah gitu waktu sorenya. Pulangnya, sepatu itu saya taruh di rak sepatu dekat garasi. Beberapa minggu saya pakai sepatu itu buat ikut ekstra sepakbola. Hujan, becek, panas, dingin saya tetap pakai sepatu itu tanpa peduli setelah saya pakai sepatu itu mau di gimanain. Mungkin sorenya dipakai, besok siangnya langsung dicuci pakai air biasa, disikat terus dijemur. Ternyata itu adalah perbuatan yang salah, karena tidak lama, sepatu itu telah sobek-sobek dan mengeras kulit luarnya.

Ternyata anda perlu memperlakukan sepatu bola anda dengan baik. Sebaiknya jika sehabis bermain bola:
  • Sebelum membersihkan, lepaslah tali sepatu terlebih dahulu.
  • Sepatu bola anda dilap/usap/bersihkan dengan air (kalau bisa air hangat) menggunakan tangan atau pun kain lembut (kalau saya juga menggunakan sunlight untuk bagian luar dan bawah sepatu). Lalu keringkan dengan kain kering.
  • Jika memang dalam keadaan kotor sekali, cucilah bagian dalam sepatu, lalu keringkan dengan hairdryer kemudian disumbat dengan koran bekas (kayak kertas coklat kalau beli sepatu baru) supaya airnya terserap ke koran tadi.
  • Hindarkan penyikatan dalam pembersihan sepatu anda.
  • Bersihkan juga bagian bawah sepatu dan kotoran-kotoran kecil yang menyangkut disela-sela bagian sepatu.
  • Tempatkan sepatu anda di tempat yang tidak terkena matahari langsung.
  • Terakhir, jangan terlalu memaksakan diri dalam bermain bola. Oke bro? :)
Itu sedikit cara yang saya tahu, tetapi selama ini ampuh untuk menjaga sepatu Nike Mercurial seharga 800 ribu, Adidas F5 seharga 450 ribu dan Sepatu futsal adiquestra seharga 400 ribu saya tetap awet, baik dan nyaman dipakai. Sayangkan kalau sepatu bola berharga ratusan ribu anda rusak begitu saja. :D


Original Post

3 komentar:

  1. makasih gan infonya,,,, kerennnn

    BalasHapus
  2. thanks bos infonya bermanfaat bgt nih...

    BalasHapus
  3. bro setau saya sepatu itu ngga boleh dikeringkan pakai hairdryer, karena panas dari hair dryer tsb memaksa air yg ada di bahan untuk cepat kering / instan sehingga sepatu mudah mengkerut dan akan cepat rusak. tapi terimakasih bro infon2nya berguna bgt :))

    BalasHapus