Pages

Rabu, 02 Mei 2012

Peringatan Hari Pendidikan Nasional

Ingatkah anda tanggal berapa Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas itu?
Kalo anda tidak ingat, saya kasih tahu, tanggal 2 Mei.

Setiap tahun kita memperingati Hardiknas ini, panas-panas kita upacara dalam memperingati hari penting tersebut. Di dalam upacara tersebut selalu disertakan dengan sambutan Menteri Pendidikan Indonesia. Dalam sambutannya tersebut, selalu disebutkan rencana-rencana yang akan dilakukan demi kemajuan Pendidikan Nasional. Bla..bla...bla...

Namun...KENYATAANNYA...
Dunia pendidikan Indonesia selama ini berkembang sih meski dengan sedikit-sedikit...
Suatu pembacaan rencana dalam sambutan tersebut mungkin sebatas formalitas setiap tahun saja, atau sebatas untuk menghibur para pelajar.

Masih banyak kita temui hal-hal negatif tentang fakta pendidikan di Indonesia ini. Terutama masalah pemerataan proyek pendidikan ini. Banyak kesenjangan yang terjadi antar beberapa daerah. Lihat saja, misal contoh dalam satu kota, suatu sekolah di pusat kota selalu menjadi tujuan utama, entah karena selalu didukung pemerintah dengan optimal dengan berbagai fasilitas yang wah. Sedangkan sekolah di pinggiran kota yang dinomer duakan. Padahal banyak pelajar-pelajar potensial di situ yang mungkin kurang menonjol prestasinya karena fasilitas yang kurang memadai.

Diluar itu, sistem pendidikan di Indonesia ini kalau menurut saya masih kurang bisa mendukung "performa" para pelajar.
Hal itu paling jelas bisa nampak pada angka indisiplin pelajar yang masih tinggi, hal itu mungkin karena cara belajar yang tidak mereka sukai. Kurangnya prestasi bisa saja karena ketidak cocokan para pelajar dengan cara sang guru menerangkan. Itu juga bisa menyebabkan para pelajar merasa bosan. Jika itu terjadi lalu siapa yang disalahkan? Biasanya pelajar.
Padahal seharusnya semua bagian dari media pendidikan haruslah intropeksi masing-masing.
Janganlah saling menyalahkan.
Buatlah suasana kondisi nyaman.
Dan segeralah cari solusi bersama yang disetujui bersama.
DAN JANGAN BIARKAN RENCANA PEMAJUAN  PENDIDIKAN HANYA SEBATAS FORMALITAS!

Original Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar