Pages

Sabtu, 05 Mei 2012

Samsung Dihukum Hakim Dalam Pertempuran Paten

Permintaan sanksi Apple untuk Samsung telah dikabulkan Pengadilan Distrik Amerika Serikat oleh Hakim Paul S. Grewal. Hakim tersebut memimpin pertempuran pelanggaran paten dua perusahaan Gadget terkenal tersebut dan menerima tuntutan Apple kembali. Apple meminta sanksi diberikan kepada perusahaan yang berbasis di Korea tersebut karena tidak sanggup membuktikan kode sumber dan dokumen lainnya mengenai hak paten yang diminta pihak pengadilan untuk diserahkan. 
Hanya dua minggu sebelumnya, Samsung didenda oleh pengadilan setelah hakim yang sama menemukan Samsung melanggar perintah pengadilan. Perusahaan asal Korea itu gagal menyerahkan dokumen yang berarti paten milik produk Apple. The Cupertino yang berbasis teknologi titan itu berencana menggunakan dokumen-dokumen untuk menunjukkan bahwa Samsung telah melanggar desain Apple. Hakim Grewal agak sedikit lebih marah sekarang setelah kegagalan Samsung untuk menyerahkan kode sumber penting. Kode itu seharusnya menunjukkan bagaimana Samsung telah bekerja disekitar paten Apple dalam mendesain bagian tertentu dari produk-produknya, termasuk "bouncing overscroll" yang dilindungi oleh Paten Amerika Serikat No 7469381. Beralih dari kode mungkin membantu Samsung dalam pertahanannya. 

Tetapi, Pengacara Apple mengatakan kepada Hakim bahwa sekarang terlambat bagi mereka untuk menggunakan kode sumber dan meminta pengadilan untuk melarang Samsung menggunakan kode sumber untuk pertahanannya. Untuk sanksi, Hakim berkata, "Samsung akan dilarang menawarkan bukti desain yang memuat paten '381, '891 dan '163, dan dilarang memuat desain-arounds dalam cara yang berbeda dari versi kode yang dihasilkan sesuai dengan perintah pengadilan."


Memang perang paten antara dua perusahaan ini sudah lama terjadi. Keduanya sama-sama mengklaim paten mereka. Perang paten ini mungkin juga di pengaruhi persaingan keduanya dalam pasar smartphone dunia. Saat ini Samsung masih mengungguli Apple. Namun sekarang Apple yang sedang menuntut Samsung dalam proses memenangkan hak paten tersebut. Apple pun dipastikan ingin meminta ganti rugi.



Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar